Waspadai Bahaya Makanan Manis Bagi Kesehatan Si Kecil

Ini Bahaya Konsumsi Makanan Manis Berlebihan bagi Perkembangan

Makan terlalu banyak permen tidak hanya menyebabkan anak-anak mengalami pembusukan, tetapi juga menyebabkan banyak disfungsi lainnya. Lihat artikel di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang efek berbahaya dari permen pada kesehatan anak-anak dan pengganti gula.

Risiko makan manisan

Makan terlalu banyak gula adalah salah satu efek berbahaya pada kesehatan anak-anak, karena itu mempengaruhi banyak organ dalam tubuh.

Gangguan pada gigi

Bakteri berbahaya ada di mulut pada orang dewasa dan anak-anak mengkonsumsi jumlah gula yang kita makan. Akibatnya, jumlah asam yang mereka hasilkan akan merusak email bayi. Selama periode eksposur panjang akan menyebabkan erosi gigi dan pelakunya terlalu banyak akumulasi asam.

Efek pada sistem kekebalan tubuh

Makan terlalu banyak gula dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Setelah mengkonsumsi 100g gula (setara dengan jumlah gula dalam minuman ringan 1l), sel darah putih dikurangi menjadi 40% efektif dalam membunuh bakteri.

Menurut para peneliti di Columbia University, sistem kekebalan tubuh bayi mungkin melemah dalam lima jam setelah makan terlalu banyak gula.

Berdampak pada jantung

Ketika terlalu banyak gula diserap ke dalam aliran darah, kadar gula darah tinggi. Saat itu, kalori yang terkandung dalam gula akan disimpan untuk digunakan sebagai lemak. Itu mudah menyebabkan obesitas.

Lemak menumpuk di arteri, membuat mereka menebal dan menyebabkan kesulitan dalam sirkulasi darah ke seluruh tubuh, memberi tekanan pada jantung. Begitu seorang anak berisiko kegemukan, risiko penyakit jantungnya lebih tinggi.

Dampak pada tulang

Meskipun gula menyebabkan penambahan berat badan pada anak-anak, mereka dapat menyebabkan malnutrisi secara bersamaan. Gula mengandung kalori kosong, ini adalah kalori yang tidak mengandung vitamin dan nutrisi yang diperlukan untuk tubuh.

Karena itu, terlalu banyak mengonsumsi gula dapat menyebabkan kekurangan gizi. Kalsium dan vitamin D memainkan peran penting dalam perkembangan tulang. Tanpa mereka, tulang akan menjadi keropos dan mudah menyebabkan osteoporosis.

Bagaimana Anda bisa mengganti permen?

Anda dapat menggunakan beberapa pengganti gula alami di bawah ini untuk diterapkan dalam diet anak Anda:

Madu tidak hanya manis tetapi juga antibakteri dan anti jamur. Karena itu, Anda harus menggunakan madu sebagai pemanis alami, bukan gula.

Susu atau krim

Ingin menambahkan rasa manis ke kopi? Gunakan susu segar atau krim, bukan gula. Selain pemanis, susu dan krim juga mengandung nutrisi sehat.

Wortel

Anda bisa menggunakan wortel cincang atau jus wortel untuk membuat saus manis. Wortel tidak hanya membantu meningkatkan rasa tetapi juga memiliki banyak nutrisi.

Beetroot

Alih-alih gula, Anda dapat menggunakan bit gula, yang menambahkan rasa manis ke beberapa hidangan yang Anda proses.

Cam

Manfaatkan rasa alami jeruk untuk menggantikan gula ketika membuat salad atau hidangan favorit lainnya.

Secara umum, Anda hanya harus mengizinkan anak Anda untuk makan permen ketika makan makanan penutup. Jangan biarkan anak-anak Anda makan manisan saat makan utama.

Author: admin